Home

Total Tayangan Halaman

Jumat, 02 Maret 2012

Pengangguran di Eropa Cetak Rekor Tertinggi



Di zona euro ada 16,9 juta penganggur, sedangkan di Uni Eropa ada 24,3 juta orang




VIVAnews - Tingkat pengangguran di negara-negara Eropa pengguna mata uang euro terus naik di awal 2012. Bahkan levelnya kini mencetak rekor tertinggi.

Badan statistik Eurostat, seperti dikutip BBC 1 Maret 2012, tingkat rata-rata pengangguran di 17 negara Eropa itu Januari lalu naik menjadi 10,7 persen, lebih besar dari persentase Desember 2011, 10,6 persen. Kini ada 16,9 juta orang yang menganggur di negara-negara zona euro itu.

Italia, yang tengah menderita krisis utang, mencatat kenaikan tingkat pengangguran menjadi 9,2%. Begitu pula dengan Spanyol, yang juga mencetak tingkat pengangguran tertinggi di zona euro, yaitu 23,3%. Negara euro yang penganggurannya terendah adalah Austria, 4%.

Dalam skala yang lebih luas lagi, yaitu Uni Eropa, Eurostat mencatat bahwa tingkat rata-rata pengangguran di kumpulan 27 negara itu Januari lalu sebesar 10,1%. Dengan demikian sekitar 24,3 juta orang di Uni Eropa awal tahun ini menganggur.

Eurostat juga mencatat bahwa inflasi bulanan di zona euro Februari kemarin naik 0,1 persen menjadi 2,7%. Dengan demikian sudah 15 bulan berturut-turut tingkat inflasi zona euro melebihi target dari Bank Sentral Eropa, yaitu di bawah 2%.

Statistik itu muncul sehari setelah Bank Sentral Eropa mengumumkan telah siap dengan dana 530 miliar euro (US$713 miliar) untuk memberi pinjaman dengan suku bunga rendah kepada 800 bank di Uni Eropa. Pengumuman itu disambut baik oleh kalangan pasar, sehingga harga saham perbankan di Eropa pada Rabu kemarin naik. (sj)

 Viva news

0 komentar:

Posting Komentar